RESENSI BUKU

RESENSI BUKU

Judul Buku : Strategi Manajemen Perilaku
Pengarang : Peter Hook dan Andi Vass
Penerbit : Esensi Penerbit Erlangga
Tahun Terbit : 2011
Tebal Halaman : 144 halaman

Sinopsis Buku
Buku ini membahas tentang tips, perangkat, dan teknik yang dapat digunakan seorang guru untuk menciptakan kelas yang tenang dan siswa-siswa yang terfokus serta mau bekerjasama. Menjelaskan tujuan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang dapat bekembang; melindungi hak-hak dasar akan keselamatan, pembelajaran, dan rasa hormat; menetapkan batasan dimana anak dapat merasa sukses dan berprestasi; serta mengajari anak-anak tentang pilihan-pilihan yang pantas dan dapat diterima secara sosial.
Mengungkapkan tentang bagaimana menciptakan pendekatan yang positif untuk menciptakan interaksi saat mengajar dan membangun hubungan positif dengan siswa. Guru yang sukses memiliki beragam pilihan yang dapat digunakan sebagai cara atau metode dalam mengajar. Serta dapat mengendalikan emosinya sendiri dengan tenang dan pikiran yang rasional.
Gaya dalam memanajemen perilaku siswa di kelas pun bermacam-macam. Ada yang menjadi guru galak, yang dalam artian tegas memberitahu apa yang harus dilakukan dan mengancam dengan hukuman, hal ini dapat menciptakan hubungan yang buruk antar guru dan siswa dan tingkat stress yang tinggi. Ada juga memanajemen dengan guru sebagai teman baik yang membuat siswa menyukainya dan menggunakan negoisasi sebagai kuncinya, namun strategi ini menyebabkan kepemimpinan kelas mudah diambil. Dan yang terakhir adalah dengan perhatian yang tegas yaitu menetapkan batasan bagi siswa dan membantu siswa dalam meraih prestasi dengan memberi pujian dan menerapkan sanksi jika diperlukan namun tidak disertai amarah.
Guru juga harus memiliki dasar yang benar, seperti menjadikan sanksi semata-mata untuk membatasi perilaku siswa dan bukan mengubah perilaku siwa. Penghargaan yang diberikan oleh guru dapat mengubah perilaku siswa, diantaranya dengan memuji secara objektif namun tidak digunakan sebagai ‘sogokan’ terhadap anak yang paling bermasalah. Guru memulai dengan yang positif dan mengakhirinya juga dengan hal yang positif serta menumbuhkan iklim sopan santun.
Prinsip inti dalam mengajar yaitu rencanakan perilaku yang baik, pisahkan perilaku (yang tidak pantas) dari si anak, gunakan bahasa pilihan, berfokus pada perilaku primer, membangun kepercayaan dan dukungan secara aktif, contohkan perilaku yang ingin anda lihat, menindaklanjuti masalah yang penting, serta menjalin kembali dan memperbaiki hubungan.
Menggunakan sepuluh langkah rencana disiplin yaitu pergoki mereka ketika sedang berbuat baik, gunakan isyarat positif, gunakan kedekatan fisik, gunakan pertanyaan untuk membuat anak kembali terfokus, ulangi arahan secara personal, akui dan arahkan kembali, berikan pengingat aturan yang jelas, berikan pilihan yang jelas, gunakan konsekuensi yang telah disetujui, gunakan strategi ‘keluar’.
Kerangka kerja untuk mendukung praktik 4R  yaitu Rights (hak) yang berarti hak-hak dasar mencakup rasa aman, pembelajaran, dan perlakuan adil. Responsibilities (tanggung jawab) yang berarti pertumbuhan emosional dan sosial ditingkatkan melalui pertanggungjawaban. Rules (peraturan) yang berarti mendeskripsikan perilaku yang melindungi hak-hak. Routines (rutinitas) yang berarti tindakan yang telah disepakati yang mendukung organisasi yang baik.

Kelebihan Buku
Buku berjudul Strategi Manajemen Perilaku ini memliki kelebihan sangat praktis dan ringan untuk dibawa karena ukurannya yang kecil dan cocok untuk buku saku. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga lugas dan tidak bertele-tele sengga pembaca dapat langsung memahami maksud buku ini. Buku ini juga disertai dengan gambar pendukung.

Kekurangan Buku
Banyaknya kelebihan yang dimiliki buku ini namun tidak memungkiri tetap ada sedikit kekurangan yang dimiliki. Diantaranya gambar yang mendukung hanya menggunakan gambar ilustrasi yang hitam putih. Sehingga pembaca kurang dapat membayangkan situasi yang sesungguhnya terjadi.

Saran / rekomendasi
Buku ini sangat cocok digunakan untuk orang yang berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru) karena isinya yang menjelaskan strategi yang diperlukan seorang guru untuk mengajar dengan efektif. Dan juga cocok untuk yang sedang berkuliah di jurusan pendidikan maupun tenaga pendidik yang sudah senior.


http://uny.ac.id , http://library.uny.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEGGAMBAR STILASI

DOODLE ART